Idulfitri yang Berbeda







Hari ini tanggal 1 Syawal 1442 Hijriah bertepatan dengan tanggal 13 Mei 2021 hari Kamis. Dua tahun sebelumnya jika keesokan harinya adalah hari Lebaran seperti biasa setelah solat subuh bergegas bersama keluarga pergi solat 'Id di sebuah lapangan milik PT. Pindad yang selalu digunakan untuk solat 'Id setiap Lebaran dan Idul Qurban.

Hari ini tidak seperti Lebaran tahun-tahun sebelumnya, di malam lebaran kami sekeluarga kebingungan akan solat di manakah besok sebab di tempat yang biasa tidak diselenggarakan solat 'Id. Saking bingungnya, bapaknya anak-anak setelah solat subuh bergegas mengecek tempat mana saja di sekitar lingkungan rumah kami selain di masjid-masjid yang menyelenggarakan solat 'Id. Ternyata hanya ada satu tempat yang masih menyelenggarakan solat 'Id di luar mesjid yaitu di suatu jalan umum, itupun tidak terlalu luas. 

Akhirnya bapaknya anak-anak bersama kedua anakku solat di Masjid Muhammadyah, sedangkan saya belum bersiap karena saya sudah mengira di masjid-masjid pasti penuh karena yang biasanya solat di lapangan pindah ke masjid, selain itu saya masih mengerjakan sesuatu sehingga saya tidak ikut solat 'Id. Oleh karena itu saya rasakan sangat berbeda sekali "Lebaran" hari ini, yang biasanya jika setelah solat di lapangan kami langsung berkunjung ke rumah bibi yang kami lewati kemudian ke rumah orangtua saya dan adik saya, baru kemudian ke rumah ibu/bpk. mertua yang diakhiri kunjungan ke rumah tetangga sekitar.

Kali ini terbalik, karena pergi kunjungan diawali dari rumah maka pertama kunjungan Lebaran ke rumah tetangga sekitar terlebih dahulu kemudian ke rumah ibu (mertua), baru kemudian ke rumah orangtua dan adik saya.

Suasana yang membuat Lebaran kali ini berbeda selain yang sudah diceritakan, yaitu berkurangnya satu keluarga kakak saya yang tinggal di Bogor tidak hadir karena tidak boleh mudik. Setiap tahun kakak saya sekeluarga berlebaran di Bandung di rumah orangtua saya, dan karena pandemi covid-19 ini maka kakak dan keluarganya lebaran di Bogor saja, dan kami hanya menyapa dan ngobrol lewat video call.

Itulah di antara penyebab berbedanya Lebaran kali ini. Sebetulnya masih banyak penyebab lainnya, tapi itulah sebagian penyebab yang dapat saya bagikan sedikit ceritanya. 

Semoga lebaran tahun depan sudah lepas/bebas dari pandemi covid-19, Aamiin Yarobbal'aalamiin.



Selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah. Taqobbalallohu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin.

Posting Komentar

0 Komentar